Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh , apakabar teman teman pembaca apakah sehat ? saya harap selalu sehat walafiat ya teman teman semua :) . Di hari yang berbahagia ini saya akan menjelaskan Tentang Kemitraan usaha atau bisnis. Pertama tama kita tentu harus mengetahui dulu pengertian Kemitraan usaha.
Kemitraan usaha adalah Suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prinsip saling membutuhkan dan saling membesarkan , biasanya unsur yang terkandung dalam kemitraan adalah :
- Terdiri dari dua orang atau lebih yang melakukan kesepakatan
- Terjadi aktivitas kerjasama usaha untuk mencapai tujuan yang sama
- Tujuan atau target yang sama
- Jangka Waktu Tertentu , Biasanya kemitraan memiliki kesepakatan jangka waktu tertentu
Tujuan Kemitraan usaha sendiri adalah untuk :
1. Meningkatkan pendapatan usaha dan masyarakat
2. Mendukung efisiensi ekonomi
3. Memperkuat kemampuan bersaing
4. Menghindari persaingan yang tidak sehat dan saling mematikan
5. Menghindari monopoli yang dapat menyebabkan distorsi dalam pasar
6. Membangun tata dunia usaha yang kuat dengan tulang punggung usaha
yang tangguh dan saling mendukung melalui ikatan kerjasama
Dan manfaat kemitraan usaha Dibedakan atas :
1. Manfaat Produktivitas
produktivitas dikatakan meningkat bila dengan input yang tetap diperoleh output yang semakin besar. Selain itu, produktivitas yang tinggi dapat diperoleh dengan cara mengurangi penggunaan input (dengan syarat tidak mengurangi kualitas), sehingga dengan output yang tetap dengan penggunaan input yang sedikit menunjukkan adanya peningkatan produktivitas.
2. Manfaat Efisiensi
dicapainya cara kerja yang hemat, tidak terjadi pemborosan, dan menunjukkan keadaan menguntungkan, baik dilihat dari segi waktu, tenaga maupun biaya. Ini dapat dicapai karena dalam Kemitraan mengikat pihak-pihak yang bermitra untuk mentaati segala kesepakatan, serta terjadi spesialisasi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing.
3. Manfaat jaminan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.
Kemitraan akan menutupi kelemahan masing masing pihak yang bermitra dan membuat kualitas menjadi semakin baik karena lahir dari kolaborasi kedua belah pihak
4. Manfaat dalam risiko
Dalam kemitraan kedua pihak memberi peran yang sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga keuntungan atau kerugian yang dicapai atau diderita kedua pihak sesuai dengan peran dan kekuatan masing-masing
Laluuuuu saya akan membahas jenis - jenis Kemitraan Usaha
apa aja sih jenis jenis nya ? Nih cekidottt
A. Kemitraan Vertikal
Kemitraan antara beberapa perusahaan yang memiliki tahap atau tingkatan kegiatan produksi yang berurutan, dari tahap paling awal sampai tahap produksi akhir. Contoh: Kemitraan antara perusahaan yang tergabung dalam usaha yang menghasilkan produk tas dari bahan enceng gondok.
B. Kemitraan Horizontal
Kemitraan dari sejumlah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha atau yang menghasilkan produk sejenis. Contoh: Kemitraan antara perusahaan-perusahaan garmen yang menghasilkan produk pakaian
1. Inti plasma
Usaha besar sebagai inti membina dan mengembangkan usaha kecil dalam hal:
a) Penyediaan dan penyiapan lahan;
b) Penyediaan sarana produksi;
c) bimbingan teknis produksi dan manajemen usaha;
d) Perolehan, penguasaan, dan peningkatan teknologi;
e) Pembiayaan;
f) Pemasaran;
g) Penjaminan;
2. Sub kontrak
Usaha besar memberikan dukungan berupa:
a) Mengerjakan sebagian produksi dan/atau komponennya;
b) Memperoleh bahan baku yang di produksi secara berkesinambungan dengan jumlah dan harga yangwajar.
c) Bimbingan dan kemampuan teknis produksi atau manajemen.
d) Perolehan, penguasaan, dan peningkatan teknologi.
- Waralaba
a) Pemberi waralaba dan penerima waralaba mengutamakan penggunaan barang dan bahan hasil produksi dalam negeri.
b) Pemberi waralaba wajib memberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan, bimbingan operasional manajemen, pemasaran, penelitian dan pengembangan kepada penerima waralaba.
- Perdagangan umum
Kerjasama pemasaran, penyediaan lokasi usaha, atau penerimaan pasokan dari usaha kecil secara terbuka
- Distribusi dan keagenan
Usaha besar atau usaha menengah memberikan hak khusus untuk memasarkan barang dan jasa kepada usaha mikro atau usaha kecil.
nah diatas sudah dijabarkan jenis jenis kemitraan usaha , sekarang saya akan menjelaskan terkait Strategi kemitraaan Usaha
strategi nya adalaahhh :
- Mengidentifikasi kebutuhan kelompok/organisasi.
- Menyusun profile kelompok/organisasi.
- Melakukan pemetaan terhadap organisasi/instansi yang potensial untuk diajak berjejaring (bermitra)
- Menggali dan mengumpulkan informasi.
- Menganalisis informasi.
Contoh penerapan dengan ide bisnis BMC saya adalah , baiknya saya bisa berkolaborasi / bermitra dengan vendor vendor alat kesehatan dimana ide bisnis bmc saya adalah menjual alat alat kesehatan . namun saya juga harus jeli untuk mendapatkan mitra usaha karena ada saja mitra yang nakal dengan bekerja sama secara tidak sehat untuk mencapai tujuannya masing masing tanpa memperdulikan kepentingan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar