Bussiness Model adalah adalah sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan keuntungan baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya.
BMC ialah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. Model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.
BMC dapat digunakan untuk semua lini bisnis tanpa terbatas sektor usahanya. BMC sangat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan, maka analisis kebutuhan dan profit dapat dilakukan dengan cepat.
Contoh BMC perusahaan Gojek
1. Customer Segment
Elemen pertama yang harus anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas yaitu menentukan Segment Pelanggan.disini, customer segment akan menjabarkan secara lebih spesifik lagi terkait segmentasi pelanggan perusahaan anda. Sebagai contoh, segmen pasar dipilih berdasarkan tingkat ekonomi, komunitas tertentu, umur dan juga perilaku khusus konsumen.
2. Value Proposition
Value Proposition akan dengan mudah menjabarkan tentang manfaat apa yang bisa didapatkan oleh pihak konsumen jika mereka memilih produk dari perusahaan kita.
3. Channels
Channels juga merupakan cara yang tepat untuk anda gunakan dalam menyampaikan hal atau value proposition bisnis atau perusahaan anda kepada konsumen.Anda harus bisa memilih channel yang tepat sehingga Anda akan dengan mudah bisa membidik target konsumen yang sudah Anda rencanakan.
4. Customer Relationship
Customer Relationship Ini adalah wadah atau cara yang akan terus berhubungan dan pastinya akan semakin mempererat hubungan perusahaan dengan konsumen. Ini penting untuk dilakukan karena pelanggan bisnis Anda memiliki jumlah yang terus bertahan. Sehingga Anda juga berkewajiban untuk mempertahankan mereka.
5. Revenue Streams
Revenue stream merupakan bagian yang paling vital, di mana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.6. Key Activities
Key Activities adalah semua aktivitas yang berhubungn dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk.di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposal nilai.Contohnya untuk membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan Anda termasuk juga kegiatan pendukung.
7. Key Resource
Key resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.
8. Key Partnership
Ini juga hal penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan. Disini terdapat pihak - pihak yang melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda.
9. Cost Structure
Inilah poin terakhir. Yang dimaksud disini adalah struktur pembiayaan bisnis. Disini Anda perlu untuk bisa menjelaskan lebih detail tentang biaya apa saja yang harus dikeluarkan seperti biaya membayar pegawai, telpon dan lain-lain. Ini harus diperhitungkan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar