Sabtu, 10 Juli 2021

Teknik dan Strategi Pemasaran

 Haloooo pembaca , apa kabarnya minggu ini ? semoga masih sehat yaaaa. Jangan lupa terapkan 3M dalam kehidupan sehari hari. Baiklahhhh , pada artikel kali ini saya akan membahas " Teknik dan Strategi Pemasaran  "

Tujuan Strategi Pemasaran sendiri adalah agar barang atau jasa yang kita tawarkan atau kita produksi disukai oleh konsumen dan dibeli. Tentunya untuk menuju fase dimana barang/jasa kita disukai konsumen tidak mudah. Banyak perjuangan yang dilakukan pengusaha / pedagang agar dagangannya laku dan ada teknik strategi pemasaran nya kurang lebih ada 5 point yaitu :

1. Orientasi Pada Pelanggan (Customer Orientation), Produk yang kita jual sebisa mungkin sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pelanggan saat ini 

2. Kualitas (Quality), Produk yang kita jual harus mempunyai kualitas yang sangat baik agar pelanggan puas dan akan terus membeli produk kita, sedangkan untuk Jasa kita harus mengutamakan kecepatan dan ketepatan agar customer puas dengan jasa kita

3. Kesenangan (convenience) , memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan

4. lnovasi (inovation) , Sebagai produsen , kita harus bisa berinovasi mengikuti zaman atau kemauan konsumen agar produk kita tidak ketinggalan zaman dan akhirnya ditinggalkan konsumen

5. Kecepatan (speed) , Kecepatan dalam melakukan hal hal yg diinginkan konsumen

Lalu ada yg namanya Prinsip Pemasaran , Prinsip Pemasaran yang mendasar adalah  menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).

Lalu ada juga kegiatan pemasaran bagi para pengusaha atau pedagang yaitu :

1. pembelian, memberi barang / bahan baku yang akan dijual kembali

2. penyimpanan (penggudangkan); / menyimpan stok di dalam gudang sambil menunggu proses packing / QC

3. sortir dan pengemasan; / Mensortir produk untuk meminimalisir barang cacat dan selanjut nya dilakukan pengemasan produk

4. penjualan. // Produk siap dijual kembali dengan harga yang baru sesuai dengan keinginan pengusaha / pedagang

Setiap ada kegiatan , tentunya harus ada perencanaan , berlaku juga untuk pemasaran,, berikut perencanaan pemasaran :

1. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan

dibutuhkan konsumen, agar tepat sasaran dan produk diminati konsumen

2.Memilih pasar sasaran khusus, ada tiga yaitu :

a. Pasar individual (individual market).

b. Relung pasar (niche market).

c. Segmentasi pasar (market segmentation)

3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan , ada 5 poin dan sudah kita bahas di atas

4. Pemilihan Strategi Pemasaran ; Pemilihan strategi harus sesuai dengan bisnis yang kita jalankan jangan sampai strategi kita salah

Setelah menjelaskan Panjang x Lebar tentang Teknik dan Strategi Pemasaran , dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap pengusaha perlu adanya pemahaman terkait teknik & strategi pemasaran karena hal tersebut menjadi dasar atau pedoman untuk berusaha , insyaallah jika kita mengikuti dan mempelajari dengan baik kita dapat memahami kebutuhan konsumen dan konsumen makin tertarik dengan produk / jasa yg kita tawarkan .

Sekian artikel kali ini , jika ada yang kurang bisa ditambahkan di kolom komentar yaa guice , dan jika bermanfaat mohon di sharee , terima kasih gaes !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar